Jumat, 03 Juli 2015

Skenario Pembelajaran Sains Kelas V



Skenario Pembelajaran Sains Kelas V
Tema               :Fungsi Alat-alat Tubuh
Media              : Alat peraga ( cutter, toples bekas, sedotan, balon, karet, lakban)

Skenario Pembelajaran
Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          : V/1
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh pada manusia dan hewan
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
Materi Pokok
Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
Metode
Ceramah, eksperimen, dan diskusi
Strategi
Pembelajaran kooperatif
Sumber/Alat dan Bahan
Sumber: Buku Paket Sains Kelas V SD, internet, buku lain yang relevan
Alat dan bahan:
-       Cutter
-       Toples Bekas                                  
-       Selang/polpen Bekas                                          
-       Karet                                                 
-       Pisau     
-       Lakban
Keterangan             :   Jumlah alat dan bahan disesuaikan jumlah siswa
Persiapan               : Sebelum pembelajaran dimulai, guru mempersiapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan dalam pembelajaran.
 Langkah-langkah Pembelajaran
            a.   Kegiatan Awal
1)      Guru memberi salam, melakukan doa bersama, dan absensi siswa.
2)      Guru melakukan apersepsi: Guru menggali pengetahuan dan pengalaman siswa terkait dengan materi pembelajaran. Guru menanyakan pada siswa contoh  alat-alat pernapasan.
3)   Guru memotivasi siswa: Guru mengajak siswa untuk merasakan atau mengamati saat bernapas, sambil bertanya, “Mengapa kita bernapas ?. Siapa yang dapat menjawab “apakah bernapas itu? ”.
b.   Kegiatan Inti
1)      Pertanyaan/rumusan masalah
·         Bagaimana cara manusia bernapas?
·         Apa saja alat-alat pernapasan yang dapat digunakan untuk bernapas?
2)      Opini siswa
Siswa diminta berpendapat terhadap masalah yang dihadapi. Pendampat siswa ditampung guru dan ditulis di papan tulis. Opini tidak perlu dijawab. Untuk mengetahui jawaban siswa benar atau salah lakukan kegiatan.
3)      Pembelajaran
Guru memberi contoh (mendemonstrasikan) system pernapasan manusia.
Langkah-langkah alat peraga pernapasan
a.       Sediakan alat dan bahan yang dibutuhkan
b.      Gunting bagian bawah botol bekas air mineral sesuai yang diinginkan
c.       Buat pipa bercabang tiga dari sedotan plastic
d.      Sumbat kedua cabang pipa menggunakan balon karet yang kemudian diikat oleh karet gelang. Salah satu cabang sebagai tenpat keluar masuk udara.
e.       Tinggal satu balon yang tersisa, gunting balon karet itu dibagian mulutnya.
f.       Masukan pipa cabang yang sudah disumbat dalam botol bekas, salah satu pipa yang tidak disumbat agak menjorok kedepan sebagai tempat keluar masuknya udara.
g.      Tutup bagian bawah botol dengan balon karet yang telah dipotong mulutnya, kemudian ikat menggunakan karet/lakban.
4)      Guru menanyakan kesimpulan apa yang didapat siswa dari demonstrasi alat peraga pernapasan tersebut. (Balon karet yang ada dibagian bawah, jika ditarik maka balon yang ada didalam botol akan mengembang).
5)      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok (1 kelompok terdiri dari 5 siswa).
6)      Guru memberikan tugas pada kelompok untuk melakukan eksperimen alat peraga pernapasan pada manusia yang bahan dan alatnya telah dibawa oleh siswa.
7)      Langkah kerja dimulai dengan merangkai alat pernapasan.
8)      Guru membagi alat dan bahan kepada masing-masing kelompok.
9)      Sebelum masing-masing kelompok mulai bekerja, guru memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti setiap anggota harus bisa bekerja sama dalam kelompok, menyumbangkan pendapatnya pada kelompoknya, memperhatikan informasi yang disampaikan teman, menghargai pendapat teman, bersedia menerima tugas dan membantu menyelesaikan tugas. Mengingatkan tentang keselamatan selama percobaan karena menggunakan pisau (strategi pembelajaran kooperatif).
10)   Pada saat masing-masing kelompok melakukan percobaan, guru berkeliling memberikan bimbingan pada kelompok dan individu.
11)  Siswa secara berkelompok membuat laporan dalam bentuk gambar dari uji coba yang dilakukan dan membuat poster langkah-langkah prosedur kerja.
12)  Siswa diminta untuk menempelkan gambar maupun langkah-langkah prosedur dan mempresentasikannya di depan kelas.
13)  Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap hasil pengamatan dan presentasi siswa.
14)  Guru dan siswa menyimpulkan hasil percobaan, bahwa “Saat kita bernapas maka kita menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Saat kita menghirup udara maka paru-paru akan mengembang sedangkan saat kita mengeluarkan napas paru-paru akan mengempis.

c.    Kegiatan Penutup
1)      Guru menjelaskan system pernapasan pada manusia.
2)      Guru mempertegas bahwa kita bernapas menggunakan udara. Udara yang banyak mengandung oksigen sangat baik untuk pernapasan. Oksigen banyak didapat dari berbagai tumbuhan disekitar kita, jika disekitar kita banyak tumbuh tanaman maka oksigen yang dihasikan akan lebih banyak. Oleh karena itu kita harus selalu merawat tumbuhan hijau disekitar kita dan kita tidak boleh merusaknya.
3)      Guru memberi tugas kelompok di rumah. Siswa secara kelompok membuat laporan hasil percobaan dalam bentuk tabel dan dikumpulkan minggu depan.
4)      Guru menutup dengan doa bersama dan salam.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Menumbuhkan minat pada anak pasti sangat menantang ya.. Sukses mengajarnya :)

Posting Komentar