Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/
Semester : IV (empat) / 1 (satu)
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
3. Menggolongkan hewan,
berdasarkan jenis makanannya
B.
Kompetensi
Dasar
3 3.2 Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya
C.
Indikator
Kognitif
1.
Produk
a. Menyebutkan hewan-hewan yang
termasuk pemakan tumbuhan (Herbivora)
b. Menyebutkan hewan-hewan yang
termasuk pemakan daging (Karnivora)
c. Menyebutkan hewan-hewan yang
termasuk pemakan segala (Omnivora)
2.
Proses
a. Mengamati
gambar yang disajikan oleh guru untuk menyebutkan hewan yang termasuk pemakan
tumbuhan, pemakan daging, dan pemakan segala
b. Mengklasifikasi
hewan-hewan yang termasuk pemakan tumbuhan, pemakan daging, dan pemakan segala
Psikomotor
1. Melakukan pemasangan contoh-contoh
hewan berdasarkan jenis makanannya melalui gambar.
2. Mengurutkan hewan-hewan yang
termasuk pemakan tumbuhan, pemakan daging, dan pemakan segala.
Afektif
1. Perilaku berkarakter
a. Bekerjasama dengan teman kelompok
b. Peduli dengan sesama teman
c. Mendengarkan pendapat teman
d. Bertanggung jawab
2. Keterampilan sosial
a. Melakukan komunikasi dan bertanya
b. Menyampaikan pendapat
c. Menghargai pendapat orang lain
D.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
1. Produk
a. Siswa dapat menyebutkan hewan-hewan
yang termasuk pemakan tumbuhan (herbivora)
b. Siswa dapat menyebutkan hewan-hewan
yang termasuk pemakan daging (karnivora)
c. Siswa dapat menyebutkan hewan-hewan
yang termasuk pemakan segala (omnivora)
2. Proses
a. Dengan
mengamati gambar yang disajikan oleh guru, siswa dapat menentukkan hewan-hewan
yang termasuk pemakan tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan
pemakan segala (omnivora).
b. Siswa
dapat mengklasifikasi hewan-hewan yang termasuk pemakan tumbuhan (herbivora),
pemakan daging (karnivora) , dan pemakan segala (omnivora).
Psikomotor
1. Disediakan
gambar, siswa dapat memasangkan contoh-contoh hewan berdasarkan jenis makananya
pada gambar yang tersedia dengan benar .
2.
Siswa
dapat mengurutkan hewan-hewan yang termasuk pemakan tumbuhan, pemakan daging,
dan pemakan segala.
Afektif
Melalui kerja kelompok dan
presentasi, siswa dapat :
1. Bekerjasama dengan teman kelompok
2. Peduli dengan sesama teman
3. Mendengarkan pendapat teman
4. Bertanggung jawab
5. Melakukan komunikasi dan bertanya
6. Menyampaikan pendapat
7. Menghargai pendapat orang lain
E.
Metode Pembelajaran
1. Model : Pembelajaran kooperatif tipe STAD
2. Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, eksperiment, penugasan
F.
Materi Pelajaran
Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
Berdasarkan
jenis makanannya hewan dapat digolongkan menjadi: hewan pemakan tumbuhan
(herbivora), hewan pemakan daging (karnivora), dan hewan pemakan segala
(omnivora).
1. Herbivora
Herbivora, adalah hewan pemakan
tumbuhan. Contoh : sapi, kuda, kambing, kuda. Ciri-cirinya adalah memiliki ciri
pada susunan giginya yaitu terdapat gigi geraham untuk mengunyah dan dan gigi
seri untuk memotong dan mencabut daun.
2.
Karnivora
Karnivora adalah hewan pemakan
daging. Contoh : harimau, singa, hiu. Ciri-ciri : memiliki cakar yang
tajam, memiliki gigi taring yang tajam, dan kemampuan lari yang cepat.
Karnivora yang dapat terbang, biasanya, memiliki cakar yang kuat dan tajam,
paruh yang melengkung dan tajam, serta penglihatan yang tajam. Karnivora yang
hidup di air memiliki ciri gigi yang tajam dan kemampuan berenang yang sangat
cepat.
3. Omnivora
Omnivora,
adalah hewan pemakan daging dan tumbuhan. Contoh : tikus, babi. Ciri-ciri : memiliki
organ pencernaan yang dapat digunakan untuk memakan makanan yang bersumber dari
tumbuhan dan hewan. Susunan gigi terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi
geraham.
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pertemuan I
1. Kegiatan
Awal
Apersepsi
§ Guru mengucapkan salam
§ Guru meminta siswa untuk berdoa
bersama-sama dan menanyakan kabar siswa
§ Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran kepada siswa
§ Guru mengadakan apersepsi dan
memberikan beberapa pertanyaan. Seperti :
1. Siapa diantara kalian yang mempunyai
hewan peliharaan dirumah?
2. Sebutkan hewan apa yang kalian
pelihara ?
3. Apa makanan hewan yang kalian
pelihara ?
|
10 menit
|
2. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi,
guru:
·
Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya
·
Meminta
siswa membaca buku siswa halaman 32 dan menggaris bawahi kata-kata kunci atau
penting
·
Membentuk
4 kelompok belajar dan tiap anggota kelompok beragam dan membagikan LKS
Elaborasi
·
Membimbing
kelompok, mengawasi saat kelompok mengerjakan LKS
·
Membimbing
presentasi, membimbing kelompok (terpilih) untuk mempresentasikan kerja
kelompoknya yaitu memasangkan nama-nama hewan berdasarkan jenis makanan
sesuai dengan gambar
·
Membimbing
kelompok menjawab masalah sesuai dengan simpulan yang telah diperoleh.
Konfirmasi
·
Sambil
membimbing kerja kelompok dan presentasi, guru menilai sikap siswa guru
menilai sikap siswa dengan panduan rubrik penilaian
·
Meminta
siswa mengerjakan lembar penilaian 1 dan lembar penilaian kinerja 1
·
Menentukan
kelompok yang memiliki kinerja terbaik
|
50 menit
|
3.
Kegiatan Akhir
·
Memberikan
penghargaan (missal dalam bentuk pujian) terhadap kelompok yang kinerjanya
baik
·
Membantu
siswa merangkum hasil belajar yang diperoleh melalui kegiatan
|
10 menit
|
Pertemuan 2
1. Kegiatan
Awal
Apersepsi
·
Guru
mengucapkan salam
·
Guru
meminta siswa untuk berdoa bersama-sama, menanyakan kabar siswa, dan presensi
siswa
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
·
Guru
mengadakan apersepsi dan memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan
dengan materi pelajaran kemarin
|
10 menit
|
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Meminta
siswa membaca buku siswa halaman 32 dan menggaris bawahi kata-kata kunci atau
penting
·
Menjelaskan
klasifikasi dan ciri-ciri hewan herbivora, karnivora, dan omnivora
·
Membentuk
kelompok belajar yang terdiri dari 4 orang dan memiliki kemampuan berbeda
Elaborasi
·
Membimbing
setiap kelompok, mengawasi saat kelompok mengerjakan LKS
·
Membimbing
presentasi, membimbing tiap kelompok mendiskusikan gambar yang telah
diberikan guru, untuk mengurutkan nama-nama hewan herbivora, karnivora, dan
omnivora
·
Membimbing
kelompok menjawab masalah sesuai dengan simpulan yang telah diperoleh.
Konfirmasi
·
Sambil
membimbing kerja kelompok dan presentasi, guru menilai sikap siswa guru
menilai sikap siswa dengan panduan rubrik penilaian
·
Meminta
siswa mengerjakan lembar penilaian 1 dan lembar penilaian kinerja 1
·
Menentukan
kelompok yang memiliki kinerja terbaik
|
50 menit
|
3. Kegiatan
Akhir
·
Memberikan
penghargaan (missal dalam bentuk pujian) terhadap kelompok yang kinerjanya
baik
·
Membantu
siswa merangkum hasil belajar yang diperoleh melalui kegiatan
|
10
menit
|
H.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Lembar
kerja siswa
2. Evaluasi
3. Penilaian
Kognitif (Produk)
4. Penilaian
Kagnitif (Proses)
5. Penilaian
Psikomotor
6. Penilaian
Afektif
Lembar Kerja Siswa
Standar Kompetensi : 3.
Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya
Kompetensi Dasar :
3.2 Menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya
Jodohkan
gambar tersebut dengan menghubungkannya dengan garis!
KARNIVORA
OMNIVORA
Pertanyaan
1. Apa
saja hewan pemakan tumbuhan (herbivora) pada gambar diatas ?
Jawab
: ………………………………………………………
2. Apa
saja hewan pemakan daging (karnivora) yang terdapat pada gambar diatas ?
Jawab
: ……………………………………………………………….
3. Apa
saja hewan pemakan segala (omnivora) yang terdapat pada gambar diatas?
Jawab
: …………………………………………………………………………..
4. Bagaimanakah
cirri-ciri hewan pemakan tumbuhan (herbivora) pada gambar diatas ?
Jawab
: ………………………………………………………………………….
5. Bagaimana
cirri-ciri hewan pemakan daging (omnivora) pada gambar diatas?
Jawab
: …………………………………………………………………….
6. Bagaimana
cirri-ciri hewan pemakan segala (omnivora) pada gambar diatas?
Jawab
: …………………………………………………………………….
Evaluasi
Jawablah
soal di bawah ini berdasarkan jawaban yang ada di kotak, kemudian beri nomor
pada kotak jawaban dan diarsir menggunakan pena berwarna (jika ada) ! Nomor 1
merupakan contoh.
SOAL
1.
Hewan
pemakan segala disebut ……..
2.
Hewan
pemakan daging disebut ………
3.
Salah satu
hewan pemakan rumput yang hidup di gurun pasir adalah …..
4.
Salah satu
hewan pemakan rumput yang mempunyai tanduk panjang adalah …..
5.
Alat untuk
mengunyah makanan adalah …..
6.
Salah satu
hewan pemakan daging yang termasuk binatang buas adalah ….
7. Salah satu
hewan pemakan daging yang berbentuk panjang dan tidak berkaki yang termasuk
reptil adalah ….
8.
Hewan yang
disebut raja hutan dan pemakan daging adalah…………
9.
Makanan
kambing adalah……..
10. Salah satu
hewan pemakan tumbuhan yang berbulu lebat adalah…
Jawaban Evaluasi
1.
Hewan
pemakan segala disebut omnivora
2.
Hewan
pemakan daging disebut karnivora
3.
Salah satu
hewan pemakan rumput yang hidup di gurun pasir adalah unta
4.
Salah satu
hewan pemakan rumput yang mempunyai tanduk panjang adalah rusa
5.
Alat untuk
mengunyah makanan adalah gigi
6.
Salah satu
hewan pemakan daging yang termasuk binatang buas adalah harimau
7.
Salah satu
hewan pemakan daging yang berbentuk panjang dan tidak berkaki yang termasuk
reptil adalah ular
8.
Hewan yang
disebut raja hutan dan pemakan daging adalah singa
9.
Makanan
kambing adalah rumput
10. Salah satu
hewan pemakan tumbuhan yang berbulu lebat adalah domba
Penilaian Kognitif Produk
Skor Penilaian :
a) Setiap jawaban benar
mendapat nilai = 1
b) Skor
maksimal =
10
c) Nilai maksimal = 100
No.
|
Nama
Siswa
|
Nomer
Soal
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tabel Penilaian Kognitif (Produk)
Penilaian Kognitif Proses
Aspek yang dinilai :
1. Kemampuan
mengemukakan pendapat
2. Kemampuan
bertanya
3. Keaktifan
4. Ketepatan
menyelesaikan tugas
Kriteria Skor :
1. Kurang
baik
2. Cukup
3. Baik
4. Sangat
baik
Skor
Penilaian :
a) Skor
maksimal = 20
b) Nilai maksimal = 100
Tabel
Penilaian Kognitif (Proses)
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
1.
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Psikomotor
Kelompok
:
Anggota : 1.
2.
No.
|
Aspek
yang Diamati
|
Skor
Pengamatan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Melakukan
kerja kelompok dengan baik
|
|
|
|
|
2.
|
Mengikuti
semua arahan yang diberikan ketua kelompok
|
|
|
|
|
3.
|
Menyimak
materi yang disampaikan oleh ketua kelompoknya
|
|
|
|
|
Keterangan
:
4
= Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1
= Kurang baik
Penilaian
Afektif
Tabel
Pengamatan Afektif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor Total
|
|||||||||||||||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Kerja sam
|
Komunkasi
|
|
|||||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang baik
0 komentar:
Posting Komentar